Sunday 18 September 2016

Cara Mudah Memasang/Mengganti Logo Favicon Blog

Cara mudah mengganti atau memasang Favicon di Blog,- Ok pada kesempatan kali ini saya akan kembali membagikan tutorial blogging yang mungkin saja akan bermanfaat bagi anda mengenai Cara membuat dan memasang Favicon di Blog. Tutorial ini saya bagikan khusus buat anda yang masih pemula atau baru belajar mengenai blogging, karena yang sudah berpengalaman pastinya sudah tahu caranya tanpa dijelaskan. Tapi sebelumya apa ang dimaksud Favicon?

Favicon adalah singkatan dari Favorites Icon atau sebuah gambar berukuran kecil yang biasanya terdapat pada disamping judul blog/postingan pada tab browser. Kebanyakan dari blog atau website yang ada di internet memiliki favicon pada blog mereka hal ini dikarenakan favicon melambangkan sebuah logo pada blog/web yang berukuran kecil yang sangat jelas terlihat jika dibuka pada sebuah browser, atau intinya favicon ini menjadi identitas dari blog/web tersebut agar mudah dikenali oleh pengunjung.


Oleh karena itu jika anda mempunyai sebuah blog silahkan pasang favicon pada blog anda, karena favicon ini bisa dikatakan sebagai logo atau identitas kedua dari blog anda setelah logo header. Nah jika anda pengguna blog berplatform blogger bershukurlah anda karena blogger sudah menyediakan layanan untuk memasang favicon cepat dan mudah. namun sebelum memasangnya tentunya anda harus mempunyai sebuah Favicon, jika belum punya berikut cara buatnya.

Cara Membuat Fafvicon untuk Blog


Pertama disini anda bisa membuatnya sendiri atau mencarinya di internet, namun jika anda ingin merasakan kepuasan silahkan buat sendiri dengan software desain grafisr atau Baca: 5 Software untuk membuat logo terbaik. Namun sebelum itu perlu diperhatikan jika membuat sebuah favicon diharuskan berbentuk persegi berukuran kecil misal 50x50, 100x100, 150x150 dan lain-lain serta ukuran faviconnya maksimal 100Kb, jika lebih dari itu favicon tidak dapat dipasang. jika sudah paham silahkan buat sendiri.

Baca: Cara mudah memasang Logo di Blog (Blogger)

Cara Mudah Memasang Favicon di Blog


Seperti yang sudah saya utarakan diatas jika anda pengguna blog berplatform blogger bersyukurlah anda karena blogger sudah menyediakan fitur untuk bisa memasang favicon dengan sangat mudah. berikut tutorialnya,

1. Pertama silahkan masuk ke Blogger - Tata letak.
2. Kemudian pada menu tata letak silahkan klik "Edit" pada bagian Favicon.


3. Setelah itu klik "pilih file" untuk mengupload favicon anda lalu cari tempat dimana anda meletakan favicon, jika sudah klik Open. Tunggu sebentar hingga favicon muncul, jika terdapat peringatan berarti favicon anda tidak memenuhi persyaratan. untuk persyaratannya sudah saya jelaskan diatas yaitu favicon harus berbetuk persegi dengan ukuran tidak lebih dari 100 Kb.

4. Jika sudah muncul gambar faviconnya berarti upload sukses dan tinggal klik "Simpan" untuk menyimpan.


5. Disini favicon anda sudah berhasil terpasang, namun biasanya jika anda membuka blog anda favicon belum muncul. untuk itu silahkan hapus riwayat pada browser anda dan jika belum muncul juga tunggu hingga 24 jam.

Nah itulah cara membuat dan memasang favicon pada blog, dengan begitu blog anda akan terlihat lebih professional. sekian tips blog yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment